Jasa Konsultan ISO 9001 Jakarta Membantu Anda Meningkatkan Sistem Mutu Perusahaan

Mengapa banyak perusahaan ingin mendapatkan sertifikat ISO 9001? Jasa Konsultan ISO 9001 Jakarta Change Konsultan (http://changekonsultan.com) dapat membantu perusahaan anda untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 tepat waktu sesuai yang direncanakan manajemen. Alasan utama perusahaan ingin menerapkan ISO 9001 adalah karena ingin meningkatkan kinerjanya. Mengapa ISO 9001 dapat meningkatkan kinerja perusahaan? Mari kita lihat beberapa aktifitas berikut yang wajib diterapkan untuk memenuhi persyaratan ISO 9001 yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Kelima aktifitas tersebut adalah:

  1. Melakukan Survey Mengenai Kepuasan Pelanggan

Sebagai bagian dari peningkatan mutu secara terus menerus, maka perusahaan harus mendengar suara pelanggan. Pelanggan adalah orang yang paling penting untuk dipenuhi persyaratannya. Survey kepuasan pelanggan menangkap persepsi pelanggan mengenai mutu produk dan jasa layanan yang diterima oleh pelanggan. Perusahaan yang menerapkan ISO 9001 wajib melakukan kegiatan ini secara periodik. Hasil dari pengukuran kepuasan pelanggan dapat menjadi masukan yang sangat berharga bagi manajemen untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Karena itu ini merupakan alasan pertama mengapa perusahaan yang menerapkan ISO 9001 dapat meningkatkan kinerjanya secara berkesinambungan.

  1. Menindaklanjuti Keluhan Pelanggan

Hal kedua yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan adalah banyaknya keluhan atau masukan dari pelanggan. Mengenai keluhan pelanggan, standar ISO 9001 mewajibkan perusahaan untuk menanggapi, mencatat, menindaklanjuti dan memantau setiap keluhan atau masukan dari pelanggan. Mekanisme penanganan keluhan pelanggan ditujukan untuk mempermudah perusahaan mengevaluasi kinerja dan memperbaiki hal-hal yang telah disampaikan oleh pelanggan dan perusahaan harus mananganinya untuk dapat memuaskan pelanggan. Change Konsultan akan membantu perusahaan mengembangkan prosedur penanganan keluhan pelanggan dan metode untuk merespon dan melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan.

  1. Mempunyai Program Audit Internal

Dalam konsep Plan-Do-Check-Action yang menjadi dasar penerapan standar ISO 9001, perusahaan diwajibkan untuk melakukan perencanaan, melaksanakan proses sesuai rencana, memeriksa kesesuaian dengan rencana dan melakukan perbaikan apabila realisasi tidak sesuai dengan rencana. Karenanya dalam menerapkan ISO 9001 perusahaan harus melakukan pemeriksaan kesesuaian penerapan ISO 9001 dengan rencana yang tertulis dalam prosedur dan menghasilkan kinerja yang baik. Apabila perusahaan melakukan audit internal, maka akan mengetahui masalah apa yang sedang maupun sering dialami dari masing-masing bagian di dalam perusahaan, sehingga dapat melakukan evaluasi agar kinerja dari masing-masing bagian dapat menjadi lebih baik. Dengan konsep PDCA dapat meningkatkan penerapan ISO 9001 yang pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan.

  1. Pengendalian Produk Tidak Sesuai

Standar ISO 9001 mengharuskan perusahaan membuat kriteria mutu atau kriteria keberterimaan sebuah produk dan jasa. Kriteria ini biasa juga disebut spesifikasi yang direncanakan. Kriteria ini harus diperiksa dan dijamin pencapaiannya. Apabila tidak tercapai maka produk dan layanan disebut produk tidaka sesuai yang harus dikendalikan. ISO 9001 mewajibkan mencatat setiap ketidaksesuaian produk untuk dapat dicatat dan dianalisis agar dapat mengetahui berapa banyak produk yang tidak sesuai untuk kemudian dilakukan tindakan perbaikan. Laporan Tindakan Perbaikan dan Pencegahan menjadi dokumen wajib untuk mengendalikan produk tidak sesuai. Banyaknya produk tidak sesuai akan meningkatkan biaya produksi atau operasi sehingga akan menurunkan laba dan kinerja perusahaan. Karenanya ISO 9001 mewajibkan manajemen untuk menaruh perhatian penuh untuk mengelola produk tidak sesuai. Change Konsultan mengajarkan 7 QC Tools untuk menganalisis kondisi yang ada yang menjadi penyebab terjadinya produk tidak sesuai dan melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi biaya kesalahan internal.

  1. Pencapaian Sasaran Mutu

ISO 9001 mewajibkan pimpinan puncak untuk menetapkan sasaran mutu perusahaan yang diterjemahkan ke seluruh divisi. Perusahaan akan memonitor pencapaian sasaran mutu di setiap bagian yang berkontribusi terhadap pencapaian sasaran mutu perusahaan. Salah satu sasaran mutu yang biasa diukur misalnya adalah mencapai indeks kepuasan pelanggan 3.5 dari skala tertinggi 5. Maka sasaran mutu ini diterjemahkan menjadi sasaran mutu di masing-masing bagian dengan menetapkan program yang menjelaskan bagaimana sasaran mutu ini dapat dicapai secara bersama-sama. Beberapa perusahaan sudah memiliki yang namanya Indikator Kinerja yang biasanya harus terintegrasi dengan sasaran mutu ISO 9001.

konsultan iso,jasa konsultan iso 9001 jakarta
Konsultan ISO 9001

Dengan adanya ke lima kegiatan di atas maka akan mempermudah manajemen dapat mengukur dan mengevaluasi kinerja perusahaan. Proses di atas mempunyai peran penting dalam monitoring dan evaluasi kinerja sebuah perusahaan. Change Konsultan akan membantu meningkatkan kinerja perusahaan melalui penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001. “Jasa Konsultan ISO 9001 Jakarta membantu anda meningkatkan sistem mutu perusahaan”

Keyword : Jasa Konsultan ISO 9001 Jakarta.